Sudahkah Anda Memperhatikan Kebersihan Tubuh Sendiri?

menjaga kebersihan tubuh
Kebersihan adalah bagian terpenting dari kesehatan. Agar badan kita sehat, Kaka kita harus senantiasa memperhatikan kebersihan tubuh kita. Selalu mandi dengan benar, mencuci tangan, dan berpakaian yang bersih adalah bagian dari kebersihan perorangan.

Mandi

mandi

Tubuh kita mengeluarkan keringat setiap harinya sehingga kita perlu mandi setiap hari untuk membersihkannya dari debu dan kotoran yang melekat.

Agar bersih, setiap kali kita mandi sebaiknya gunakanlah sabun yang mengandung anti bakteri yang dapat membunuh kuman serta air bersih untuk melarutkan sabun. Di saat mandi perhatikanlah sela-sela jari dan paha, gosoklah dengan lembut menggunakan sabun.

Tidak ada aturan yang ketat tentang berapa kali kita harus mandi dalam sehari. Namun karena kita tinggal di daerah tropis yang menyebabkan kita sering berkeringat, maka paling tidak kita harus mandi minimal dua kali sehari.

Mandilah sebelum pada pagi hari agar tubuh menjadi segar, lalu mandilah lagi pada sore hari untuk membersihkan tubuh setelah selesai beraktivitas.

Jangan mandi terlalu malam, karena itu tidak baik bagi kesehatan. Jangan tunda mandi! Bila badanmu kotor segeralah mandi agar kamu tidak tertular penyakit, namun tunggulah hingga suhu badanmu menjadi dingin dan keringatmu hilang. Setelah itu gunakanlah handuk yang bersih dan kering untuk mengeringkan badanmu.

Cuci Tangan


cuci tangan
Cuci tangan lalu sebelum dan sesudah kamu makan, setelah dari toilet serta pada saat tanganmu kotor, setelah kamu bermain atau memegang barang yang kotor. Cucilah tanganmu dengan sabun dan air bersih yang mengalir.

Potonglah kukumu secara teratur terutama bila sudah mulai panjang, agar kuman penyakit tak bersarang di dalamnya.

Ingatlah kebanyakan penyakit masuk ke dalam tubuh kita melalui tangan yang kotor. Jadi dengan mencuci tangan yang benar kita mencegah masuknya penyakit dalam tubuh kita.

Bagaimanakah Cara Mencuci Tangan Yang Benar?

  1. Bilaslah tanganmu dengan air bersih yang mengalir, jangan gunakan air yang dikumpulkan dalam baskom karena airnya sudah terkontaminasi dengan kotoran di tanganmu.
  2. Ambillah sabun secukupnya, lebih diutamakan sabun yang mengandung zat anti kuman.
  3. Gosoklah tanganmu hingga berbusa, lanjutkan ke sela tangan dan pergelangan tangan selama kurang lebih 20 detik. Bila kukumu panjang sebaiknya potongalah terlebih dahulu lalu digosok.
  4. Bilaslah tanganmu dengan air yang mengalir.
  5. Keringkan tanganmu dengan tisu atau lap kering yang bersih. Sebaiknya, jangan menggunakan lap yang telah digunakan orang lain agar tak terjadi perpindahan kuman.
  6. Matikan keran air dengan menggunakan tisu atau lap bersih, jangan memegang keran air lagi, karena itu dapat membuat tanganmu kotor lagi.

Pakaian

kumpulan pakaian

Walaupun kamu hanya sedikit berkeringat, kamu harus tetap rajin berganti pakaian minimal 2x sehari sehabis mandi, namun bila kamu banyak berkeringat menggantinya lebih sering akan jauh lebih baik.
Karena pakaian yang lembab akan memudahkan jamur tumbuh subur di badanmu. Ih! Karena itu pastikan pakaian selalu kering. Pakaian dalam juga harus sering diganti karena pakaian dalam adalah baju yang langsung bersentuhan dengan kulit kita sehingga harus terjaga kebersihannya.

Pakailah pakaian yang telah dicuci dan disetrika. Pilihlah yang sesuai dengan adat ketimuran, karena pakaian mencerminkan kepribadianmu. Pakaian sebaiknya jangan terlalu sempit atau terlalu longgar.

Sepatu

sepatu bau

Kamu menghabiskan sebagian besar harimu dengan berlari dan berjalan dengan kakimu. Karenanya kakimu akan sering berkeringat dan menjadikannya lembab. Saat kamu memakai sepatu, kakimu akan menjadi semakin lembab, bakteri akan tumbuh subur disana sehingga menimbulkan bau pada kakimu.

Bila kamu hanya memiliki sepasang sepatu, segeralah buka sepatumu sepulang dari sekolah dan jemurlah dan biarkanlah mengering namun bila kamu mempunyai dua pasang sepatu, pakailah bergantian. Cucilah sepatumu minimal seminggu sekali agar tidak bau dan terlihat kotor.