clear

Aplikasi Zoom Bisa Untuk Video Call Banyak Peserta (Lengkap)

Adminesia - April 14, 2020 - Tidak ada komentar
Seiring berjalannya waktu, Pandemi Virus Corona terasa semakin mengubah hidup kita untuk saat ini. Kita diharuskan menjaga jarak fisik dengan orang lain (physical distancing) minimal 1,5 meter untuk mencegah penularan Virus Covid-19.

Karena hal itulah pemerintah negara Indonesia mengeluarkan beberapa kebijakan yang bertujuan mengatasi dampak Pandemi ini. Salah satunya adalah bekerja dari rumah atau work from home (wfh) dan meliburkan siswa sekolah dari Paud, TK, SD, SMP, SMA sampai Kuliah supaya belajar di rumah.

Dalam melaksanakan kebijakan work from home. Para pekerja dituntut untuk dapat menyelesaikan pekerjaannya dirumah masing-masing. Maka dari itu para pekerja juga perlu berkomunikasi jarak jauh dengan rekan kerjanya.

Terkadang berkomunikasi via telepon dan chatting dirasa kurang. Namun, dengan meeting online mereka bisa membicarakan topik yang dibahas dengan bertatap muka.

Begitu juga dengan kelas online. Dibutuhkan bertatap muka antara murid dan guru. Supaya memudahkan murid dalam menyimak penjelasan dan tugas yang diberikan guru. Juga supaya memudahkan guru untuk mengawasi muridnya saat pembelajaran.

Maka dari itu artikel ini dibuat untuk memberikan informasi tentang aplikasi video call banyak peserta untuk meeting online yang sedang naik daun ditengah Pandemi Virus Covid-19. Yups, aplikasi ini bernama Zoom Floyd Meeting.

Apa Itu Zoom Cloud Meetings?

aplikasi zoom bisa untuk video call banyak peserta
Dikutip dari beberapa situs. Zoom adalah sebuah layanan konferensi video berbasiskan Cloud computing. Yang bisa digunakan untuk melakukan pertemuan (Meetings) atau rapat dengan berbasiskan video call, bisa juga untuk chatting, telepon, kelas online, dan lain-lain secara live.

Zoom kini menjadi salah satu aplikasi terbaik dalam jenisnya yaitu video call meeting. Hal ini dibuktikan dari betapa populernya penggunaan aplikasi ini bahkan ada kabar bahwa Presiden kita, Pak Jokowi juga menggunakan aplikasi ini untuk rapat kabinet.

Dengan kondisi dunia sekarang yang berubah drastis karena Pandemi Covid-19. Banyak perusahaan telah memberlakukan work from home. Hal ini membuat lonjakan pengguna untuk aplikasi Zoom. Mereka mengklaim memiliki hingga 2 juta pengguna lebih di bulan Maret 2020.

Aplikasi yang didirikan pada tahun 2011 di San Jose California ini mengizinkan penggunanya pada paket gratis untuk membuat video call konferensi online hingga 100 orang dalam waktu 40 menit.

Untuk dapat membuka fitur-fitur canggih lain seperti dapat merekam rapat dan membuka batasan-batasan yang ada pada paket gratis. Kamu bisa memilih salah satu dan berlangganan paket premiumnya.

Ada paket zoom meetings basic untuk versi gratis, pro, businnes, dan yang paling mahal yaitu paket enterprise dengan harga hampir 20 US Dolar setiap bulannya.

Fitur-fitur

Terdapat banyak fitur di aplikasi video meetings ini apalagi jika kamu sudah berlangganan paket premiumnya wah pasti banyak banget fitur-fitur canggih lainnya yang kamu dapatkan. Berikut merupakan fitur-fitur yang terdapat pada aplikasi Zoom Cloud Meetings :

1. Video Call Dapat Direkam
Kalau kamu memilih berlangganan paket berbayar untuk aplikasi zoom ini. Kamu bisa mendapatkan fitur perekam video call supaya kamu dapat melihatnya kembali nanti. Jika kamu ingin, kamu bisa mengedit videonya dan menguploadnya ke publik.

2. Schedule/Penjadwalan Rapat
Fitur ini dapat mengingatkan kamu untuk dapat mengikuti rapat yang segera berlangsung. Supaya kamu tidak terlambat atau bahkan kelupaan tidak ikut rapat. Oh iya, ingatkan peserta rapat lainnya untuk menggunakan fitur ini supaya semuanya mengikuti rapat tepat waktu.

3. Virtual Background
Dengan mengaktifkan fitur ini kamu dapat mengubah background sekarang kamu menjadi gambar lain yang kamu inginkan. Bagus banget buat kamu yang background nya dirasa kurang bagus.

4. Sharing Screen
Dengan berbagi layar kepada peserta lain atau beberapa peserta secara privasi akan sangat berguna buat kamu yang ingin mengadakan presentasi dengan client atau rekan kerja.

5. Sharing Chat
Jika kamu ingin berkomunikasi dengan salah satu atau beberapa peserta rapat tanpa diketahui oleh peserta lainnya. Kamu dapat menggunakan fitur ini karena sharing Chat akan bersifat privasi. Berguna jika kamu ingin berbicara tentang privasi atau supaya pertanyaan yang kamu berikan kepada satu peserta tidak bocor kepada peserta lain.

6. Rapat One On One
Fitur ini hampir sama dengan fitur sharing Chat namun bedanya fitur ini ikut menampilkan video call. Kalau kamu ingin sekalian bertatap muka gunakan fitur ini!.

7. Touch Up My Appearance
Kamu sering kurang pede dengan penampilan kamu di video call? Fitur ini akan memuluskan dan membuat penampilan mu lebih cerah. Hampir sama seperti filter kecantikan di kamera kamu.

Itulah tadi beberapa fitur-fitur yang dimiliki aplikasi zoom. Sebenarnya masih banyak lagi fitur yang dimiliki. Bahkan ada fitur yang membuatkan kamu bisa meninggalkan video call tanpa diketahui orang lain.

Aplikasi ini juga sudah kompatibel hampir dengan semua sistem operasi yang ada sekarang seperti Windows, Mac, Linux, Android, IOS, bahkan Web/Browser bisa menggunakan aplikasi zoom ini.

Jika kamu tertarik untuk mendownload dan mencoba aplikasi ini tapi kamu bingung cara mendownloadnya bagaimana? Yuk, kita cari tau cara mendownloadnya.

Cara Mendownload Aplikasi Zoom

1. Untuk Windows
Jika perangkat kamu memiliki sistem operasi Windows cara mendownloadnya yaitu :
- Siapkan koneksi internet
- Klik link berikut : klik disini
- Pilih Zoom client for meetings
- Klik Download from zoom. Tunggu beberapa saat
- Lalu install, aplikasi zoom untuk Windows sudah siap untuk kamu gunakan.

2. Untuk Android
Jika perangkat kamu memiliki sistem operasi Android cara mendownloadnya yaitu :
- Siapkan koneksi internet
- Masuk ke Playstore
- Ketik 'Zoom Cloud Meetings' lalu cari
- Klik install. Tunggu beberapa saat, aplikasi zoom untuk Android sudah siap untuk kamu gunakan.

3. Untuk IOS
Jika perangkat kamu memiliki sistem operasi IOS cara mendownloadnya yaitu :
- Siapkan koneksi internet
- Masuk ke AppStore
- Ketik 'Zoom Cloud Meetings' lalu cari
- Klik Unduh. Tunggu beberapa saat, aplikasi zoom untuk IOS sudah siap untuk kamu gunakan.

Setelah kamu mendownloadnya tapi kamu bingung cara menggunakannya. Yuk kita simak cara menggunakannya berikut ini :

Cara Menggunakan Aplikasi Zoom

Bergabung Dengan Video Call
1. Setelah Selesai mendownloadnya buka aplikasi zoom
2. Pindah ke 'Join a meeting' untuk bergabung dengan video call tanpa harus sign in terlebih dahulu
3. Klik Join
4. Masukkan meeting id yang sudah ditentukan saat schedule meeting atau tanyakan ke peserta lain dan masukkan nama
5. Lalu pilih anda ingin mematikan video atau audio bisa juga tidak mematikan kedua-duanya
6. Klik Join

Mengundang Peserta Video Call
1. Masuk ke Aplikasi Zoom
2. Sign up menggunakan alamat email kamu
3. Masukkan nama depan dan belakang kamu lalu klik ceklis I agree
4. Kemudian pilih sign in
5. Masuk ke aplikasi Gmail, pilih akun yang kamu gunakan tadi, cari email dari zoom lalu activate account
6. Masukkan sandi yang ingin kamu gunakan
7. Undang peserta dengan memasukkan email-nya
8. Jika ingin mengundang lagi klik add another another email
9. Masukkan Kode captcha
10. Pilih invite
11. Simpan url, dan langkah terakhir klik start a meeting now

Kontroversi Isu Keamanan Data Pengguna
Beberapa negara seperti Amerika Serikat, Taiwan, Jerman, dan Singapura melarang penggunaan zoom di negaranya. Apakah yang membuat sejumlah negara diatas melarang zoom?

Amerika Serikat
Di Negara Paman Sam. Instansi pemerintah dihimbau untuk tidak memakai Zoom dan diminta untuk mencari dan menggunakan alternatif lainnya. Hal ini dikarenakan adanya masalah keamanan yang hanya menggunakan enkripsi biasa. Namun beberapa staf pemerintah masih diperbolehkan menggunakan konferensi video tersebut dengan alasan tertentu.

Taiwan
Negara ini telah secara resmi melarang penggunaan Zoom. Karena dianggap memiliki masalah keamanan. Dan juga ada pemberitaan yang mengatakan bahwa data konferensi video dialihkan ke server Beijing, China. Hal ini dapat beresiko besar bagi Taiwan. Sebab kedua negara ini sedang berseteru, membuat kebijakan ini semakin bulat.

Jerman
Kini Pemerintah Negri Panser ini sudah mulai menghimbau pengurangan penggunaan aplikasi Zoom. Alasannya sama dengan Amerika Serikat dan Taiwan yaitu masalah perlindungan data penggunanya. Tapi menurut pemerintah Jerman tidak mungkin untuk melarang sepenuhnya penggunaan layanan konferensi video ini. Karena aplikasi zoom sudah banyak dipakai secara luas disana.

Singapura
Sebuah insiden menimpa dunia pendidikan di Singapura. Insiden dimana ada seorang pria yang tak diundang menampilkan gambar dan perkataan yang tidak senonoh di pelajaran geografi secara live. 

Menurut kementerian pendidikan Singapura hal ini merupakan insiden yang serius dan melarang masyarakat agar tidak menggunakan aplikasi konferensi video dalam pendidikan untuk sementara sebagai tindakan pencegahan sampai masalah ini terselesaikan.

Eric S Yuan, CEO Zoom
Dengan adanya kontroversi ini CEO Zoom Eric S Yuan turun tangan. Menurutnya tidak mungkin untuk menerapkan enkripsi end to end (seperti WhatsApp dan Messenger) untuk saat ini pada aplikasi zoom. Dia berjanji bahwa pihaknya akan memperbaiki masalah ini dengan serius supaya pengguna dapat menggunakan zoom dengan aman.

Tips Supaya Dapat Terhindar Dari Zoomboombing

Apa itu Zoomboombing? Zoomboombing merupakan suatu kondisi dimana ditemukan orang yang tak diundang menghadiri rapat online dan mengacau dengan ujaran kebencian, pornografi dan lainnya. Pasti kamu gak mau kan hal itu terjadi di rapat online kamu. Simak tips terhindar dari Zoomboombing berikut ini :

1. Jangan menggunakan ID kantor atau ID tetap untuk rapat online di Zoom. Gunakan ID yang berbeda setiap rapat.

2. Aktifkan "Waiting Room" supaya kamu dapat mengetahui siapa-siapa yang ingin mencoba memasuki rapat online kamu sebelum diizinkan. Untuk cara mengaktifkannya : pergi ke account management > account settings > pilih meeting > aktifkan Waiting room.

3. Nonaktifkan fitur Join Before Host dan fitur berbagi layar untuk non host juga beberapa fitur lainnya. Untuk cara menonaktifkannya : klik ikon roda bergerigi di kanan atas > pilih opsi yang ingin dinonaktifkan.

4. Jika rapat online sudah dimulai dan semua peserta telah masuk. Kunci rapat supaya tidak ada orang lain yang tidak diinginkan masuk.

5. Jangan membagikan zoom meeting ke media sosial atau yang lainnya. Juga jangan membagikan url / link rapat online kamu.

6. Nyalakan fitur password meeting. Supaya orang yang mencoba mengakses rapat harus memasukkan password terlebih dahulu.

7. Admin harus mewaspadai adanya peserta yang tidak diundang. Jika hal tersebut terjadi langsung keluarkan peserta tersebut dari rapat.

8. Jangan sembarang mengakses link meeting yang disebar atau dipublikasikan melalui media sosial dan lainnya. Dikhawatirkan kalau kamu mengaksesnya perangkatmu akan terserang Malware.

Itulah tips-tips aplikasi zoom supaya terhindar dari Zoomboombing. Untuk itu kalian harus waspada dan berhati-hati dalam menggunakan Zoom atau layanan konferensi video manapun ya. Semoga kita selalu dijauhi dari hal-hal yang tidak diinginkan.

13 Alternatif Untuk Aplikasi Zoom
Nih, kalau kamu ragu untuk menggunakan aplikasi Zoom kamu bisa menggunakan salah satu alternatifnya. Kurang lebih isinya sama. Dan bisa banget kamu coba.

1. Skype
Salah satu aplikasi buatan Microsoft ini banyak orang gunakan untuk melakukan panggilan video lho. Tapi tau ga sih sekarang orang-orang sudah banyak mengalihfungsikan menjadi layanan konferensi video yang dapat menampung 25 peserta dalam sekali rapat.

2. Google Hangouts Meet
Kalau yang satu ini udah pasti buatan Google. Selain bisa untuk rapat online, aplikasi ini punya fitur penjadwalan rapat yang menggunakan Google Calendar. Dan kerennya Kamu bisa melakukan rapat sampai 250 orang.

3. WhatsApp
Pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan aplikasi ini ya. Walaupun memang difungsikan untuk chatting, telepon, dan video call tapi kamu bisa menggunakan yang satu ini untuk rapat kecil dengan 4 peserta.

4. FaceTime
Jika kamu menggunakan operasi sistem IOS. Yang satu ini bisa jadi salah satu alternatifnya. Dalam konferensi online aplikasi Panggilan video ini bisa menghubungkan kamu dengan 32 orang sekaligus.

5. Slack
Aplikasi yang berbasis grup ini cukup mudah untuk digunakan. Kamu hanya perlu membuat grup dan mengundang peserta rapat. Dan memulai rapat. Bisa memasukan sampai 15 peserta rapat.

6. Cisco Webex
Layanan konferensi video ini sudah banyak digunakan di perusahaan ternama untuk melakukan rapat. Dengan berbasiskan panggilan video hingga 100 orang. Kamu juga bisa berlangganan paket premium. Juga terhubung dengan Google asisten dan Google Home Hub.

7. Jitsi Meet
Untuk menggunakan aplikasi ini kamu bisa mengunduhnya melalui Playstore atau AppStore. Dapat melakukan panggilan video hingga 75 orang. Kamu juga bisa menentukan ingin melakukan panggilan video secara pribadi/publik. Terdapat fitur blur background (beta) dan live streaming YouTube lho.

8. Talky
Kalau kamu ingin menggunakan Talky, Kamu tak perlu daftar/login sama sekali. Cukup buat dan tentukan nama grup. Dan kirim tautan rapat untuk mengundang peserta. Bisa kamu undang hingga 6 peserta. Cukup mudah bukan?.

9. Whereby
Cocok untuk kalian yang ingin melakukan meeting kecil. Caranya daftar dengan akun google. Setelah itu buat nama room yang kamu inginkan. Terdapat juga opsi knock yaitu meminta izin kepada admin room sebelum masuk ke rapat online.

10. Google Duo
Salah satu produk Google ini bisa dibilang adalah salah satu yang paling ringan, simpel, dan mudah digunakan, walau ringan resolusi panggilan videonya pun sangat baik. Dalam panggilan video dapat memuat maksimal 8 peserta.

11. Free Conference
Disini, terdapat fitur schedule rapat dan reminder teman (mengingatkan teman) cocok banget buat yang temennya pelupa hihihi. Yang paling kerennya dari layanan konferensi online ini yaitu bisa mengikutsertakan hingga 400 orang dan bisa juga dari luar negeri, wow.

12. Free Conference Call
Bang, ini mah sama kaya nomor 11. Eits, emang namanya mirip-mirp tapi ini yang ini beda. Dengan berbasiskan web dan gratis tis tis. Bisa menampung sampai 1000 peserta konferensi online. Cocok banget buat para pelajar dan mahasiswa.

13. Microsoft Teams
Walau namanya Microsoft tapi layanan ini sudah kompatibel dengan operasi sistem Android dan IOS. Kamu bisa membuat dokumen sebelum memulai rapat karena terhubung dengan Microsoft office word, Excel, powerpoint dll. Selain itu, layanan ini menyediakan fitur chat dan telepon. Mereka juga menyediakan trial gratis selama 6 bulan.

Nah, tadi merupakan 13 Alternatif untuk layanan konferensi video yang bisa kamu pakai.

Selesai sudah pembahasan si Zoom ini mulai fitur-fitur, cara mengunduh, cara menggunakan, kontroversi, tips menghindari Zoomboombing, Dan terakhir yaitu alternatifnya.

Semoga bermanfaat.
Seiring berjalannya waktu, Pandemi Virus Corona terasa semakin mengubah hidup kita untuk saat ini. Kita diharuskan menjaga jarak fisik dengan orang lain (physical distancing) minimal 1,5 meter untuk mencegah penularan Virus Covid-19.

Karena hal itulah pemerintah negara Indonesia mengeluarkan beberapa kebijakan yang bertujuan mengatasi dampak Pandemi ini. Salah satunya adalah bekerja dari rumah atau work from home (wfh) dan meliburkan siswa sekolah dari Paud, TK, SD, SMP, SMA sampai Kuliah supaya belajar di rumah.

Dalam melaksanakan kebijakan work from home. Para pekerja dituntut untuk dapat menyelesaikan pekerjaannya dirumah masing-masing. Maka dari itu para pekerja juga perlu berkomunikasi jarak jauh dengan rekan kerjanya.

Terkadang berkomunikasi via telepon dan chatting dirasa kurang. Namun, dengan meeting online mereka bisa membicarakan topik yang dibahas dengan bertatap muka.

Begitu juga dengan kelas online. Dibutuhkan bertatap muka antara murid dan guru. Supaya memudahkan murid dalam menyimak penjelasan dan tugas yang diberikan guru. Juga supaya memudahkan guru untuk mengawasi muridnya saat pembelajaran.

Maka dari itu artikel ini dibuat untuk memberikan informasi tentang aplikasi video call banyak peserta untuk meeting online yang sedang naik daun ditengah Pandemi Virus Covid-19. Yups, aplikasi ini bernama Zoom Floyd Meeting.

Apa Itu Zoom Cloud Meetings?

aplikasi zoom bisa untuk video call banyak peserta
Dikutip dari beberapa situs. Zoom adalah sebuah layanan konferensi video berbasiskan Cloud computing. Yang bisa digunakan untuk melakukan pertemuan (Meetings) atau rapat dengan berbasiskan video call, bisa juga untuk chatting, telepon, kelas online, dan lain-lain secara live.

Zoom kini menjadi salah satu aplikasi terbaik dalam jenisnya yaitu video call meeting. Hal ini dibuktikan dari betapa populernya penggunaan aplikasi ini bahkan ada kabar bahwa Presiden kita, Pak Jokowi juga menggunakan aplikasi ini untuk rapat kabinet.

Dengan kondisi dunia sekarang yang berubah drastis karena Pandemi Covid-19. Banyak perusahaan telah memberlakukan work from home. Hal ini membuat lonjakan pengguna untuk aplikasi Zoom. Mereka mengklaim memiliki hingga 2 juta pengguna lebih di bulan Maret 2020.

Aplikasi yang didirikan pada tahun 2011 di San Jose California ini mengizinkan penggunanya pada paket gratis untuk membuat video call konferensi online hingga 100 orang dalam waktu 40 menit.

Untuk dapat membuka fitur-fitur canggih lain seperti dapat merekam rapat dan membuka batasan-batasan yang ada pada paket gratis. Kamu bisa memilih salah satu dan berlangganan paket premiumnya.

Ada paket zoom meetings basic untuk versi gratis, pro, businnes, dan yang paling mahal yaitu paket enterprise dengan harga hampir 20 US Dolar setiap bulannya.

Fitur-fitur

Terdapat banyak fitur di aplikasi video meetings ini apalagi jika kamu sudah berlangganan paket premiumnya wah pasti banyak banget fitur-fitur canggih lainnya yang kamu dapatkan. Berikut merupakan fitur-fitur yang terdapat pada aplikasi Zoom Cloud Meetings :

1. Video Call Dapat Direkam
Kalau kamu memilih berlangganan paket berbayar untuk aplikasi zoom ini. Kamu bisa mendapatkan fitur perekam video call supaya kamu dapat melihatnya kembali nanti. Jika kamu ingin, kamu bisa mengedit videonya dan menguploadnya ke publik.

2. Schedule/Penjadwalan Rapat
Fitur ini dapat mengingatkan kamu untuk dapat mengikuti rapat yang segera berlangsung. Supaya kamu tidak terlambat atau bahkan kelupaan tidak ikut rapat. Oh iya, ingatkan peserta rapat lainnya untuk menggunakan fitur ini supaya semuanya mengikuti rapat tepat waktu.

3. Virtual Background
Dengan mengaktifkan fitur ini kamu dapat mengubah background sekarang kamu menjadi gambar lain yang kamu inginkan. Bagus banget buat kamu yang background nya dirasa kurang bagus.

4. Sharing Screen
Dengan berbagi layar kepada peserta lain atau beberapa peserta secara privasi akan sangat berguna buat kamu yang ingin mengadakan presentasi dengan client atau rekan kerja.

5. Sharing Chat
Jika kamu ingin berkomunikasi dengan salah satu atau beberapa peserta rapat tanpa diketahui oleh peserta lainnya. Kamu dapat menggunakan fitur ini karena sharing Chat akan bersifat privasi. Berguna jika kamu ingin berbicara tentang privasi atau supaya pertanyaan yang kamu berikan kepada satu peserta tidak bocor kepada peserta lain.

6. Rapat One On One
Fitur ini hampir sama dengan fitur sharing Chat namun bedanya fitur ini ikut menampilkan video call. Kalau kamu ingin sekalian bertatap muka gunakan fitur ini!.

7. Touch Up My Appearance
Kamu sering kurang pede dengan penampilan kamu di video call? Fitur ini akan memuluskan dan membuat penampilan mu lebih cerah. Hampir sama seperti filter kecantikan di kamera kamu.

Itulah tadi beberapa fitur-fitur yang dimiliki aplikasi zoom. Sebenarnya masih banyak lagi fitur yang dimiliki. Bahkan ada fitur yang membuatkan kamu bisa meninggalkan video call tanpa diketahui orang lain.

Aplikasi ini juga sudah kompatibel hampir dengan semua sistem operasi yang ada sekarang seperti Windows, Mac, Linux, Android, IOS, bahkan Web/Browser bisa menggunakan aplikasi zoom ini.

Jika kamu tertarik untuk mendownload dan mencoba aplikasi ini tapi kamu bingung cara mendownloadnya bagaimana? Yuk, kita cari tau cara mendownloadnya.

Cara Mendownload Aplikasi Zoom

1. Untuk Windows
Jika perangkat kamu memiliki sistem operasi Windows cara mendownloadnya yaitu :
- Siapkan koneksi internet
- Klik link berikut : klik disini
- Pilih Zoom client for meetings
- Klik Download from zoom. Tunggu beberapa saat
- Lalu install, aplikasi zoom untuk Windows sudah siap untuk kamu gunakan.

2. Untuk Android
Jika perangkat kamu memiliki sistem operasi Android cara mendownloadnya yaitu :
- Siapkan koneksi internet
- Masuk ke Playstore
- Ketik 'Zoom Cloud Meetings' lalu cari
- Klik install. Tunggu beberapa saat, aplikasi zoom untuk Android sudah siap untuk kamu gunakan.

3. Untuk IOS
Jika perangkat kamu memiliki sistem operasi IOS cara mendownloadnya yaitu :
- Siapkan koneksi internet
- Masuk ke AppStore
- Ketik 'Zoom Cloud Meetings' lalu cari
- Klik Unduh. Tunggu beberapa saat, aplikasi zoom untuk IOS sudah siap untuk kamu gunakan.

Setelah kamu mendownloadnya tapi kamu bingung cara menggunakannya. Yuk kita simak cara menggunakannya berikut ini :

Cara Menggunakan Aplikasi Zoom

Bergabung Dengan Video Call
1. Setelah Selesai mendownloadnya buka aplikasi zoom
2. Pindah ke 'Join a meeting' untuk bergabung dengan video call tanpa harus sign in terlebih dahulu
3. Klik Join
4. Masukkan meeting id yang sudah ditentukan saat schedule meeting atau tanyakan ke peserta lain dan masukkan nama
5. Lalu pilih anda ingin mematikan video atau audio bisa juga tidak mematikan kedua-duanya
6. Klik Join

Mengundang Peserta Video Call
1. Masuk ke Aplikasi Zoom
2. Sign up menggunakan alamat email kamu
3. Masukkan nama depan dan belakang kamu lalu klik ceklis I agree
4. Kemudian pilih sign in
5. Masuk ke aplikasi Gmail, pilih akun yang kamu gunakan tadi, cari email dari zoom lalu activate account
6. Masukkan sandi yang ingin kamu gunakan
7. Undang peserta dengan memasukkan email-nya
8. Jika ingin mengundang lagi klik add another another email
9. Masukkan Kode captcha
10. Pilih invite
11. Simpan url, dan langkah terakhir klik start a meeting now

Kontroversi Isu Keamanan Data Pengguna
Beberapa negara seperti Amerika Serikat, Taiwan, Jerman, dan Singapura melarang penggunaan zoom di negaranya. Apakah yang membuat sejumlah negara diatas melarang zoom?

Amerika Serikat
Di Negara Paman Sam. Instansi pemerintah dihimbau untuk tidak memakai Zoom dan diminta untuk mencari dan menggunakan alternatif lainnya. Hal ini dikarenakan adanya masalah keamanan yang hanya menggunakan enkripsi biasa. Namun beberapa staf pemerintah masih diperbolehkan menggunakan konferensi video tersebut dengan alasan tertentu.

Taiwan
Negara ini telah secara resmi melarang penggunaan Zoom. Karena dianggap memiliki masalah keamanan. Dan juga ada pemberitaan yang mengatakan bahwa data konferensi video dialihkan ke server Beijing, China. Hal ini dapat beresiko besar bagi Taiwan. Sebab kedua negara ini sedang berseteru, membuat kebijakan ini semakin bulat.

Jerman
Kini Pemerintah Negri Panser ini sudah mulai menghimbau pengurangan penggunaan aplikasi Zoom. Alasannya sama dengan Amerika Serikat dan Taiwan yaitu masalah perlindungan data penggunanya. Tapi menurut pemerintah Jerman tidak mungkin untuk melarang sepenuhnya penggunaan layanan konferensi video ini. Karena aplikasi zoom sudah banyak dipakai secara luas disana.

Singapura
Sebuah insiden menimpa dunia pendidikan di Singapura. Insiden dimana ada seorang pria yang tak diundang menampilkan gambar dan perkataan yang tidak senonoh di pelajaran geografi secara live. 

Menurut kementerian pendidikan Singapura hal ini merupakan insiden yang serius dan melarang masyarakat agar tidak menggunakan aplikasi konferensi video dalam pendidikan untuk sementara sebagai tindakan pencegahan sampai masalah ini terselesaikan.

Eric S Yuan, CEO Zoom
Dengan adanya kontroversi ini CEO Zoom Eric S Yuan turun tangan. Menurutnya tidak mungkin untuk menerapkan enkripsi end to end (seperti WhatsApp dan Messenger) untuk saat ini pada aplikasi zoom. Dia berjanji bahwa pihaknya akan memperbaiki masalah ini dengan serius supaya pengguna dapat menggunakan zoom dengan aman.

Tips Supaya Dapat Terhindar Dari Zoomboombing

Apa itu Zoomboombing? Zoomboombing merupakan suatu kondisi dimana ditemukan orang yang tak diundang menghadiri rapat online dan mengacau dengan ujaran kebencian, pornografi dan lainnya. Pasti kamu gak mau kan hal itu terjadi di rapat online kamu. Simak tips terhindar dari Zoomboombing berikut ini :

1. Jangan menggunakan ID kantor atau ID tetap untuk rapat online di Zoom. Gunakan ID yang berbeda setiap rapat.

2. Aktifkan "Waiting Room" supaya kamu dapat mengetahui siapa-siapa yang ingin mencoba memasuki rapat online kamu sebelum diizinkan. Untuk cara mengaktifkannya : pergi ke account management > account settings > pilih meeting > aktifkan Waiting room.

3. Nonaktifkan fitur Join Before Host dan fitur berbagi layar untuk non host juga beberapa fitur lainnya. Untuk cara menonaktifkannya : klik ikon roda bergerigi di kanan atas > pilih opsi yang ingin dinonaktifkan.

4. Jika rapat online sudah dimulai dan semua peserta telah masuk. Kunci rapat supaya tidak ada orang lain yang tidak diinginkan masuk.

5. Jangan membagikan zoom meeting ke media sosial atau yang lainnya. Juga jangan membagikan url / link rapat online kamu.

6. Nyalakan fitur password meeting. Supaya orang yang mencoba mengakses rapat harus memasukkan password terlebih dahulu.

7. Admin harus mewaspadai adanya peserta yang tidak diundang. Jika hal tersebut terjadi langsung keluarkan peserta tersebut dari rapat.

8. Jangan sembarang mengakses link meeting yang disebar atau dipublikasikan melalui media sosial dan lainnya. Dikhawatirkan kalau kamu mengaksesnya perangkatmu akan terserang Malware.

Itulah tips-tips aplikasi zoom supaya terhindar dari Zoomboombing. Untuk itu kalian harus waspada dan berhati-hati dalam menggunakan Zoom atau layanan konferensi video manapun ya. Semoga kita selalu dijauhi dari hal-hal yang tidak diinginkan.

13 Alternatif Untuk Aplikasi Zoom
Nih, kalau kamu ragu untuk menggunakan aplikasi Zoom kamu bisa menggunakan salah satu alternatifnya. Kurang lebih isinya sama. Dan bisa banget kamu coba.

1. Skype
Salah satu aplikasi buatan Microsoft ini banyak orang gunakan untuk melakukan panggilan video lho. Tapi tau ga sih sekarang orang-orang sudah banyak mengalihfungsikan menjadi layanan konferensi video yang dapat menampung 25 peserta dalam sekali rapat.

2. Google Hangouts Meet
Kalau yang satu ini udah pasti buatan Google. Selain bisa untuk rapat online, aplikasi ini punya fitur penjadwalan rapat yang menggunakan Google Calendar. Dan kerennya Kamu bisa melakukan rapat sampai 250 orang.

3. WhatsApp
Pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan aplikasi ini ya. Walaupun memang difungsikan untuk chatting, telepon, dan video call tapi kamu bisa menggunakan yang satu ini untuk rapat kecil dengan 4 peserta.

4. FaceTime
Jika kamu menggunakan operasi sistem IOS. Yang satu ini bisa jadi salah satu alternatifnya. Dalam konferensi online aplikasi Panggilan video ini bisa menghubungkan kamu dengan 32 orang sekaligus.

5. Slack
Aplikasi yang berbasis grup ini cukup mudah untuk digunakan. Kamu hanya perlu membuat grup dan mengundang peserta rapat. Dan memulai rapat. Bisa memasukan sampai 15 peserta rapat.

6. Cisco Webex
Layanan konferensi video ini sudah banyak digunakan di perusahaan ternama untuk melakukan rapat. Dengan berbasiskan panggilan video hingga 100 orang. Kamu juga bisa berlangganan paket premium. Juga terhubung dengan Google asisten dan Google Home Hub.

7. Jitsi Meet
Untuk menggunakan aplikasi ini kamu bisa mengunduhnya melalui Playstore atau AppStore. Dapat melakukan panggilan video hingga 75 orang. Kamu juga bisa menentukan ingin melakukan panggilan video secara pribadi/publik. Terdapat fitur blur background (beta) dan live streaming YouTube lho.

8. Talky
Kalau kamu ingin menggunakan Talky, Kamu tak perlu daftar/login sama sekali. Cukup buat dan tentukan nama grup. Dan kirim tautan rapat untuk mengundang peserta. Bisa kamu undang hingga 6 peserta. Cukup mudah bukan?.

9. Whereby
Cocok untuk kalian yang ingin melakukan meeting kecil. Caranya daftar dengan akun google. Setelah itu buat nama room yang kamu inginkan. Terdapat juga opsi knock yaitu meminta izin kepada admin room sebelum masuk ke rapat online.

10. Google Duo
Salah satu produk Google ini bisa dibilang adalah salah satu yang paling ringan, simpel, dan mudah digunakan, walau ringan resolusi panggilan videonya pun sangat baik. Dalam panggilan video dapat memuat maksimal 8 peserta.

11. Free Conference
Disini, terdapat fitur schedule rapat dan reminder teman (mengingatkan teman) cocok banget buat yang temennya pelupa hihihi. Yang paling kerennya dari layanan konferensi online ini yaitu bisa mengikutsertakan hingga 400 orang dan bisa juga dari luar negeri, wow.

12. Free Conference Call
Bang, ini mah sama kaya nomor 11. Eits, emang namanya mirip-mirp tapi ini yang ini beda. Dengan berbasiskan web dan gratis tis tis. Bisa menampung sampai 1000 peserta konferensi online. Cocok banget buat para pelajar dan mahasiswa.

13. Microsoft Teams
Walau namanya Microsoft tapi layanan ini sudah kompatibel dengan operasi sistem Android dan IOS. Kamu bisa membuat dokumen sebelum memulai rapat karena terhubung dengan Microsoft office word, Excel, powerpoint dll. Selain itu, layanan ini menyediakan fitur chat dan telepon. Mereka juga menyediakan trial gratis selama 6 bulan.

Nah, tadi merupakan 13 Alternatif untuk layanan konferensi video yang bisa kamu pakai.

Selesai sudah pembahasan si Zoom ini mulai fitur-fitur, cara mengunduh, cara menggunakan, kontroversi, tips menghindari Zoomboombing, Dan terakhir yaitu alternatifnya.

Semoga bermanfaat.


Baca Juga: